Food Review

Martabak Usus ala Mbak Erna, Jajanan Kampung Yang Jarang Dijumpa

Selalu ada kuliner yang bikin kangen Kampung halaman, kuliner yang gak bisa didapatkan di kota manapun, kayak Martabak Usus kali ini. Dari beberapa penjual, mimin pilih Martabak Usus Mbak Erna yang sudah berjualan selama lebih dari 35 tahun. Uda lama banget, pantesan Mbak Erna nih jadi selebgram di kampung. Kalau zaman segitu ya masih belum lahir, masih ghaib.

 

 

 

Mbak Erna berjualan di teras rumahnya, di jalanan gang kampung kecil yang hanya bisa diakses oleh sepeda motor. Catatan buat yang bawa mobil di sini, silahkan parkir di daerah Kalitutup. Hehe. Makanya pas lagi bawa motor, eh langsung kemari. Asal jangan bawa motor pacar, terus dipretelin sambil marah-marah kayak mas-mas viral itu.

 

 

Bahannya sederhana, olahan bihun, usus ayam yang sudah dibumbui, telur, irisan daun bawang, dan cabai. Yang bikin spesial selain karena racikan tangan Mbak Erna, yaitu karena petisnya yang meriah. Yang lebih spesial adalah acara gibah nggosip sambil nungguin martabak. Ada aja yang dibahas.

 

 

Saus petis yang berwarna coklat pekat sudah dibumbui dengan kacang dan rempah lainnya. Sehingga citarasanya pun berbeda dengan petis pada umumnya. Untuk rasa martabak, pasti lebih enak jika ijo-ijo alias daun bawangnya dibanyakin. Plus jika ada tambahan lauk selain usus, seperti cecek, balungan, ceker, dan lainnya *lah kok saya rewel sih.

 

 

Nah aturan main kalau beli disini, jangan ngasih tau mau pesen apa kalau belum ditanyain. Pasti bakal digalakin sama ibuknya. Kalau ibuknya uda nanya, “Mau pesan apa?” Baru deh kamu ngasih list pesenan kamu. Jadi harus ikut aturan main, alias antri, enaknya sih gak bakal diselip sama emak-emak penguasa negara api. Ndak minta saus petis tambahan sih. soalnya Saus Petis uda ada SOP-nya, alias standart tiap porsi, jadi kalau minta lebih pasti gak dibolehin. Karena memang petisnya terbatas. Tapi kalau disepik-sepik sedikit, boleh lah biar dapat sesendok.

 

 

Biasanya pembeli yang berasal dari kampung sini bawa telur sendiri, biar nanti ditambahkan ke adonan martabak mereka. Bener sih biar ngirit, makin mantep. Lain kali kalau balik, bawa telur sekilo ah. Oh ya, mimin nyuri resep biar lebih enak, yaitu silahkan request usus tambahan buat disiramkan ke martabak. Lak ya makin kenaken pas makan. Esumpah anda semua harus nyontek resep ini! *Maksa

 

 

Selain beli di tempat, kamu juga bisa pesan lewat WA ke 0858-0897-1460. Dan bis delivery juga, tapi setiap harinya terbatas, karena mengutamakan customer yang beli di tempat saja. Cocok banget buat oleh-oleh kalau lagi keluar kota, karena gorengnya tanpa minyak gajih, jadi bakal awet dan gak nggendal di sepanjang perjalanan.

 

Martabak Mbak Erna
Jalan Sindujoyo Gang XII/8
Buka Selasa sampai Sabtu
Jam 09.00-15.00 (Biasanya jam 14.00 uda abis)
Harga mulai Rp 3.000/pcs

Detil lokasi bila dilihat di maps berikut

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *